Gaji Pegawai Alfamart dengan Indomaret?

Saat ini alfamart dan indomaret tidak hanya bisa ditemukan di wilayah perkotaan. Bahkan di pelosok desa sekalipun, dua minimarket ini sudah bisa ditemukan. Dengan jarak yang terkadang hanya selisih 200 sampai 500 meter, alfamart dan indomaret sering bersaing meraih pelanggan dengan adanya diskon dan bonus bagi setiap pembelian barang. Sebenarnya apa yang membedakan kedua minimarket ini? Padahal keduanya juga menjual barang yang hampir sama, meskipun ada selisih harga pada beberapa barang yang dijualnya. Anda tentu bisa membandingkan antara kedua minimarket ini. Dari segi pelayanan, mutu, dan terutama gaji yang diperoleh para pegawainya. Apakah sama gaji pokok yang diterima oleh pegawai alfamart dengan pegawai indomaret? Pertanyaan ini tentunya juga sering menjadi bahan perbincangan publik secara umum.
 Saat ini alfamart dan indomaret tidak hanya bisa ditemukan di wilayah perkotaan Gaji Pegawai Alfamart dengan Indomaret?

Sebenarnya sama saja antara alfamart dengan indomaret. Keduanya sama-sama terjun dalam bidang waralaba dan memiliki tujuan untuk terus meningkatan keuntungan dengan membuka sebanyak-banyaknya gerai. Bahkan sampai di daerah pedesaan. Mungkin hal yang kemudian membedakan adalah adanya management dan tingkat koordinasi yang lebih baik pada alfamart, sehingga dari pusat sampai ke cabang-cabangnya, koordinasi tersebut berjalan konsisten. Dan sebagaimana perusahaan waralaba yang lain, untuk bisa menjadi karyawan di alfamart maupun indomaret, calon pegawai harus terlebih dulu lolos seleksi berkas, melakukan tes tulis dan tes wawancara. Setelah itu baru melakukan training beberapa bulan sampai akhirnya menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut. Tentu ada banyak posisi yang tersedia di masing-masing gerai. Ada yang bekerja di kantor, ada pula yang bekerja di lapangan.

Tapi samakah gaji yang didapat oleh pegawai di alfamart dengan pegawai di indomart? Jika dibandingkan dari gaji pokok yang didapatkan kasir yakni teller di alfamart adalah sebesar 1,9 jura rupiah per bulan. Sementara gaji pokok untuk posisi kasir di indomaret sebesar 2 juta rupiah per bulannya. Kemudian jika melihat gaji yang didapatkan oleh pegawai yang ada di posisi sales yakni di alfamart mendapatkan gaji sebesar 1,6 juta per bulan, sementara di indomaret gaji pokoknya sekitar 2,1 juta rupiah tiap bulan. Untuk posisi koperasi karyawan di alfamart gaji pokoknya sebesar 0,8 juta rupiah, sementara di indomaret gaji pokoknya adalah 2 juta sekian rupiah per bulan. Dari ketiga posisi itu saja, terdapat banyak perbedaan antara gaji karyawan di alfamart dengan gaji karyawan yang bekerja di indomaret.

Namun berbeda dengan urusan gaji yang lebih kecil, keunggulan alfamart adalah memiliki managemen koordinasi antar kantor yang sangat baik dibandingkan dengan waralaba yang lain. Meskipun dengan gaji yang lebih sedikit, ternyata tidak membuat komitmen dan profesionalitas kinerja para pegawai di perusahaan ini menurun atau berkurang. Upaya yang terus dilakukan adalah meningkatkan kesejahteraan lewat banyak sub bidang, tidak hanya gaji pokok. Maka jam kerja pun juga dibuat senyaman mungkin agar pegawai tidak hanya mengurusi kantor atau pekerjaannya, tapi juga dapat mengurus segala sesuatu yang ada di rumah, termasuk keluarga.

Kemudian untuk besaran gaji yang lain seperti bagian administrasi kasir, ternyata di alfamart lebih besar dari pada di indomaret. Ini bisa langsung dilihat bahwa di alfamart gaji pokok untuk pegawai di bagian administrasi kasir sebesar 2,5 juta rupiah per bulan. Sementara di indomaret gaji pokok untuk administrasi kasir sebesar 2,4 juta rupiah. Selisihnya memang tidak banyak, namun tetap menunjukkan adanya perbedaan. Ada perbedaan lagi di bagian koordinator, jika di alfamart gaji pokoknya adalah 4,1 juta rupiah tiap bulan, maka di indomaret hanya berkisar 2,5 juta rupiah tiap bulan.

Previous
Next Post »