Kenapa Gaji Pegawai Bank Indonesia Tinggi

Apa yang Anda ketahui tentang bank Indonesia? Sudahkah mengenal secara lebih dekat tentang bagaimana kinerja bank Indonesia? Bank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar yang memiliki otoritas penuh dalam menjalankan lembaganya. Bank ini tidak hanya bertugas mencetak dan mengedarkan uang-uang baru ke seluruh penjuru Indonesia, akan tetapi juga menjaga agar mata uang rupiah tetap berputar sesuai dengan perputaran uang dunia. Bank Indonesia juga adalah bank yang independen dalam menjalankan wewenang dan tugasnya secara bebas. Bebas di sini mengandung artian memiliki otonomi penuh pada dirinya, yakni bahwa bank ini bekerja tanpa intervensi dari berbagai pihak manapun, termasuk di dalamnya pemerintah.
 Apa yang Anda ketahui tentang bank Indonesia Kenapa Gaji Pegawai Bank Indonesia Tinggi

Sejak masa pemerintahan presiden Habibie, penetapan gaji pegawai bank Indonesia memang sudah tinggi. Hal tersebut untuk menjaga komitmen dan psikologis para pegawai yang bekerja di sana. Meskipun jika dilihat sekilas, gaji pokok seorang gubernur bank Indonesia sebenarnya tidak jauh lebih tinggi dari gaji presiden. Jika gaji presiden ada di kisaran 62 juta rupiah, maka gaji seorang gubernur bank Indonesia hanya mencapai 42 juta rupiah per bulan. Namun nominal itu jika dikalkulasikan dengan tunjangan fungsional yang diberikan kepada para pegawai bank Indonesia, maka angkanya sangat fantastis. Untuk tunjangan fungsional pegawai sendiri, bank Indonesia mengucurkan dana sebesar 121 juta rupiah. Jadi jumlah penghasilan yang didapatkan per bulan untuk seorang gubernur bank Indonesia terbukti lebih banyak dari gaji presiden secara keseluruhan.

Adapun untuk total penghasilan pegawai bank Indonesia seperti yang menempati jabatan gubernur, maksimal dana yang didapatkan adalah senilai 199 juta rupiah. Bagi Anda yang menjabat sebagai deputi gubernur, senior gaji pokok dan tunjangan yang diberikan per bulan bisa mencapai 170 juta sekian. Selain itu bagi pemegang jabatan asisten gubernur, bisa mendapatkan gaji senilai 100 juta, posisi direktur senior atau direktur eksekutif dengan total gaji 83 juta rupiah. Untuk jabatan direktur, deputi direktur, dan asisten direktur, masing-masing mendapatkan 57 juta sekian, 49 juta, dan 32 juta sekian rupiah. Bagi manager dan asistennya, gaji yang bisa diperoleh masih di atas 15 juta rupiah. Sedangkan untuk staff dan asisten pelaksana masing-masing dapat mengumpulkan penghasilan sebesar 12 jta sekian dan 6,15 juta rupiah tiap bulan.

Sebagaimana yang telah dibahas di awal bahwa selain gaji pokok, paa pegawai bank Indonesia juga mendapatkan tunjangan. Ada beberapa tunjangan yang diberikan kepada para pegawai bank Indonesia. Salah satunya adalah tunjangan hari raya, yang biasanya diberikan ketika hari raya idul fitri. Kemudian ada lagi tunjangan insentif yakni tergantung pada hasil kinerja individu, tunjangan pendidikan, tunjangan prestasi, dan tunjangan cuti, tunjangan penugasan, tunjangan tahunan, dan lain sebagainya. Adapun masing-masing tunjangan tersebut memiliki angka atau besaran yang berbeda antara satu dan lain. Seperti pada tunjangan insentif yang besarnya bisa sampai 3x penghasilan pokok yang didapat dalam kurun waktu setahun.

Memang ada alasan khusus kenapa gaji pegawai bank Indonesia bisa lebih tinggi daripada gaji seorang pemimpin negara. Mengingat tugas dan kinerja bank ini sangat urgen dan perlu pertanggung jawaban yang tidak main-main. Seperti halnya menstabilkan nilai tukar rupiah yang membutuhkan keberanian memutuskan sekaligus melaksanakan kebijakan moneter. Jika salah dalam mengambil langkah, bisa saja nilairupiah anjlok. Atas alasan itulah gaji pegawai bank Indonesia lebih tinggi, agar sumber daya manusianya juga memiliki integritas dan komitmen tinggi di dalamnya.

Previous
Next Post »